Selasa, 07 Oktober 2014

Tempat Wisata di Madura Dengan Pesona Tersembunyi

Beberapa orang mungkin belum mengetahui tentang tempat wisata di Madura. Padahal Madura sendiri memiliki tempat wisata yang tidak jauh menariknya dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Madura merupakan suatu pulau yang masuk dalam provinsi Jawa Timur, memiliki 4 kabupaten yaitu kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabutan Sumenep, dan yang terakhir adalah Kabupaten Pamekasan. Masing-masing kabupaten tersebut memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Bagi yang belum mengetahui apa saja tempat wisata di Pulau Madura, berikut akan diuraikan sedikit mengenai penjelasan tempat wisatanya.

  1. Pantai Lombang
Pantai Lombang

Pantai Lombang terdapat di Pulau Madura ujung timur, tepatnya terletak di Kabupaten Sumenep. Pantai ini memiliki keunikannya sendiri yaitu di sekelilinginya memiliki banyak sekali Pohon cemara udang yang menambah keasrian pantai ini. Pantai di sini cukup bersih dengan hamparan pasir yang berwarna kuning keemasan yang luas. Sebagai salah satu tempat wisata di Madura, pantai ini dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas, gazebo, warung makan dan minuman di sekitar tepi pantai, dan juga kamar mandi.
  1. Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning

Tempat wisata di Madura selanjutnya adalah Pantai Siring Kemuning yang letaknya berada di Kabupaten Bangkalan dan dapat ditempuh dari pusat kota selama kurang lebih 1 jam dengan mengguankan kendaraan roda dua. Lokasinya yang sejalur dengan kerajinan batik yang terletak di Tanjung Bumi sangat cocok untuk mengunjungi kedua tempat tersebut. Dengan keindahan pantainya yang menakjubkan, sayangnya pantai ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Hal ini bisa dilihat dari sedikitnya fasilitas umum yang dapat digunakan di tempat wisata di Pulau Madura ini. Bahkan pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas kamar mandi terpaksa menumpang di rumah penduduk yang tinggal di sekitar area pantai ini.
  1. Gunung Geger
Gunung Geger

Gunung Geger adalah tempat wisata di Madura selanjutnya yang bisa dikunjungi yang terletak di Kabupaten Bangkalan. Gunung Geger ini sebenarnya hanyalah bukit yang menjulang. Tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai petualangan dengan tambahan wisata religi dan juga sejarah. Di sini anda bisa melihat pemandangan alam dan juga suasana hutan yang asri. Potensi wisata di tempat ini adalah terdapat makam Potre Koneng (Putri Kuning) yang menurut penduduk lokal adalah nenek moyang masyarakat Madura. Untuk dapat mengunjungi lokasi wisata ini sebaiknya para pengunjung membawa kendaraan pribadi dengan kondisi yang prima karena akses ke tempat ini cukup sulit dan jalannya juga kurang mulus. Di samping itu para pengunjung juga harus mendaki anak tangga yang jumlahnya ratusan agar bisa sampai ke tempat makam putri kuning. Oleh karena itu dibutuhkan pula kondisi tubuh yang fit dan prima.
  1. Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan merupakan salah tempat wisata di Madura yang merupakan sebuah peninggalan Belanda berusia kurang lebih ratusan tahun. Mercusuar ini terletak di kota Bangkalan yang didirikan oleh Belanda di masa pemerintahan Raja Z.M Wiem III dan mulai aktif digunakan tahun 1679. Salah satu daya tarik dari mercusuar ini adalah para pengunjung dapat melihat pemandangan jauh seperti Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Gresik, Selat Madura, dan Kabupaten Bangkalan.

Tidak banyak memang orang mengetahui tempat wisata di Madura yang sebenarnya juga memiliki potensi wisata yang besar seperti dengan tempat wisata di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Tapi sayangnya salah satu tempat wisata di Pulau Madura tersebut ada yang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Padahal jika dikelola dengan baik akan dapat menarik banyak wisatawan sekaligus mempromosikan Madura sendiri. Semoga informasi tentang tempat wisata di Madura tersebut dapat menambah pengetahuan mengenai potensi wisata di Indonesia yang belum banyak diketahui.

0 komentar:

Posting Komentar