Selasa, 07 Oktober 2014

Mengunjungi Beberapa Tempat Wisata di Wonogiri Yang Menarik

Wonogiri merupakan salah satu kawasan kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah yang ternyata juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Berbagai tempat wisata di Wonogiri dapat anda kunjungi mulai dari wisata alam berupa pantai, wisata religi, waduk dan juga hutan lindung pun dapat anda temukan di Kabupaten Wonogiri. Namun, memang beberapa tempat wisata di Wonogiri tersebut belum popular atau terkenal di kalangan masyarakat terutama anda yang berasal dari luar Jawa Tengah.
Pernahkah anda mendengar makanan tradisional tiwul dari Wonogiri? Mungkin ada dari anda yang bahkan belum paham sama sekali mengenai jenis makanan ini, tetapi jenis makanan ini ternyata sudah dikenal banyak masyarakat dari berbagai daerah. Hal inilah yang kemudian membuat Wonogiri mulai dikenal dan juga yang tak terlewatkan adalah adanya waduk Gajah Mungkur yang memang menjadi ikon tersendiri untuk Wonogiri.
Bagi anda yang tertarik untuk melakukan wisata ke daerah ini, memang sebaiknya terlebih dahulu anda tahu beberapa tempat wisata di Wonogiri sehingga anda pun sudah memiliki bayangan, tempat wisata yang seperti apa yang akan anda kunjungi nantinya di Wonogiri. Berikut beberapa uraian singkat beberapa tempat wisata di Wonogiri.
1. Waduk Gajah Mungkur

Indahnya Suasana Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri

Untuk tempat wisata yang satu ini sepertinya bukan hal yang asing lagi untuk anda. Tempat wisata ini terletak 2,5 km ke arah selatan dari kota Wonogiri. Di tempat ini anda dapat melihat panorama alam yang menarik dan juga beberapa rumah makan apung. Jika anda berniat untuk bermalam, di tempat ini pun disediakan fasilitas hotel sehingga anda tidak perlu khawatur serta mencari-cari tempat peristirahatan. Nah, melihat kondisi ini, akan sangat cocok jika anda melakukan wisata bersama keluarga ke waduk Gajah Mungkur.

2. Pantai Nampu
Panorama Alam Pantai Nampu di Wonogiri

Salah satu pantai berpasir putih yang dapat anda temukan di Wonogiri adalah Pantai Nampu. Sampai saat ini memang pantai ini masih sepi dari pengunjung, dan jika dilihat memang belum ada fasilitas yang cukup memadai. Namun, jika anda datang ke tempat wisata ini, akan dipastikan anda tidak akan kecewa karena bentangan pasir putih yang luas akan menjadi suguhan utama Pantai Nampu. Selain itu, di pantai ini pun terdapat mata air, sehingga setelah anda bosan untuk bermain dengan air pantai, anda dapat menikmati sumber mata air tawar yang terletak di dekat Pantai Nampu. Pantai ini terletak sekitar 15 km dari kecamatan Paranggupito.

3. Pantai Banyutowo
Pertemuan Air Tawar di Pantai Banyutowo Wonogiri

Masih belum puas dengan keindahan Pantai Nampu? Anda juga dapat mengunjungi pantai lain yang ada di Wonogiri yaitu Pantai Banyutowo yang terletak di desa Gudangharjo kecamatan Paranggupito. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Wonogiri. Ada hal yang unik dari pantai ini, seperti halnya nama dari pantai ini sendiri yaitu Banyutowo yang berarti air tawar, memang di tempat wisata ini memiliki air yang tawar, di mana hal ini berbeda dengan pantai yang ada pada umumnya. Oleh karena itu, pantai ini akan sangat sayang jika anda lewatkan. Selain pantai pun anda dapat menikmati wisata lainnya seperti pemancingan air tawar dan juga pengeboran air sumur yang melimpah.

4. Air Terjun Setren
Air Terjun Satren di Wonogiri

Seperti halnya beberapa air terjun yang ada di daerah Tawangmangu, panorama di air terjun ini pun tak kalah menariknya. Tempat wisata yang terletak di desa Slogohimo ini menawarkan keindahan alam yang sangat menawan dan setidaknya anda harus menempuh sekitar 30 km ke arah timur dari kota Wonogiri.
Selain beberapa tempat wisata di Wonogiri di atas, anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat seperti Goa Putri Kencana, Gunung Pegat, Goa Ngantap dan masih banyak lagi. Semoga uraian singkat saya tentang beberapa tempat wisata di Wonogiri ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar